Vladimir Putin Isolasi Diri Usai Orang Dekatnya Positif Covid-19

- Rabu, 15 September 2021 | 14:41 WIB
Vladimir Putin (istimewa)
Vladimir Putin (istimewa)

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Presiden Rusia Vladimir Putin mengisolasi diri setelah orang-orang dekatnya terinfeksi positif Covid-19. Namun, Kremlin menyatakan Putin telah dites dan negatif Covid-19.

Dikutip dari AP News, Rabu, 15 September 2021, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan Vladimir Putin (68), dalam kondisi "benar-benar sehat" tetapi telah melakukan kontak dengan seseorang yang tertular virus.

Peskov tidak menjelaskan kapan Putin mulai mengasingkan diri, kapan dia dites negatif, berapa lama dia akan tetap mengisolasi diri atau siapa di antara kontak presiden yang terinfeksi Covid-19.

Selama konferensi video dengan pejabat pemerintah dan anggota partai Rusia Bersatu, Vladimir Putin mengatakan bahwa beberapa orang di "lingkaran dekatnya" terinfeksi virus, termasuk seorang anggota staf yang berhubungan dekat dengannya sejak Senin, 13 September 2021.

Putin menjelaskan seorang stafnya itu 'divaksinasi ulang'.

"Tiga hari setelah vaksinasi ulang dia jatuh sakit. Kita akan melihat bagaimana (vaksin) Sputnik V benar-benar bekerja," ujar Vladimir Putin.

Putin hampir tidak pernah mengenakan topeng di depan umum, meskipun ia tampak bekerja sebagian besar dari jarak jauh dan jarang terlihat di depan umum selama beberapa waktu sebelum divaksinasi Covid-19.

Pemerintah Rusia telah dikritik karena meremehkan pandemi dan jarang memaksakan tindakan untuk mengendalikan, bahkan dalam menghadapi lonjakan infeksi.

Kematian akibat Covid-19 di Rusia saat ini berada tingkat tertinggi yakni 800 orang per hari. Namun, hampir tidak ada pembatasan virus di Negeri Beruang itu hingga saat ini.

Editor: M. Ihsan Yurin

Sumber: AP News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesawat Tempur Israel Bombardir Gaza

Senin, 13 September 2021 | 05:51 WIB

Hasan Akhund Pimpin Pemerintahan Afghanistan

Rabu, 8 September 2021 | 06:33 WIB

Sudah 2.189 Orang Tewas Dalam Gempa Haiti

Jumat, 20 Agustus 2021 | 09:15 WIB

Terpopuler

X