Jokowi Dianggap Lembek Soal Isu Korupsi di Indonesia

- Kamis, 16 September 2021 | 16:52 WIB

RIAUMANDIRI.CO, JAKARTA - Presiden Joko Widodo dinilai lembek lembek terhadap isu pemberantasan korupsi. Hal itu disampaikan Peneliti Pusat Studi Kajian Anti Korupsi (Pukat) UGM Zaenur Rohman.

Zaenur mengungkapkan hal itu setelah Presiden menyatakan tidak akan mencampuri polemik tes wawasan kebangsaan (TWK) pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut dia, sikap yang diambil Presiden menunjukkan rendahnya komitmen Jokowi terhadap isu pemberantasan korupsi.

“Sikap ini semakin menunjukkan ketidaktahuan dan rendahnya komitmen Jokowi pada pemberantasan korupsi, dan sikap lembek ini bukan hal yang pertama kali,” tutur Zaenur kepada Kompas.com, Kamis (16/9/2021).

Ia mengungkapkan, pada tahun 2019, Jokowi pernah berjanji untuk membuat Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk membatalkan revisi Undang-Undang KPK, tetapi hal itu tidak terealisasi.

“Dalam alih status pegawai KPK ini Jokowi pernah berpidato dengan mengatakan bahwa TWK tidak jadi alasan pemecatan, tapi akhirnya Presidan tidak bersikap dan buang badan,” ucap dia.

Lebih lanjut Zaenur menjelaskan bahwa putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak uji materi Peraturan Komisi (Perkom) Nomor 1 Tahun 2021 turut mengatakan bahwa tindak lanjut hasil TWK menjadi kewenangan pemerintah.

Artinya, sambung Zaenur, KPK tidak berhak melakukan pemberhentian 56 pegawai KPK yang tidak lolos TWK. Namun, segala keputusan dan tindak lanjut dari hasil tes itu diserahkan MA ke Presiden Jokowi sebagai pembina tertinggi kepegawaian.

“Menurut saya, pemerintah itu ya Presiden, dan KPK tidak diberi kewenangan untuk menindaklanjuti hasil TWK oleh MA,” imbuhnya.

 

Editor: M. Ihsan Yurin

Sumber: Kompas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Dianggap Lembek Soal Isu Korupsi di Indonesia

Kamis, 16 September 2021 | 16:52 WIB

Strategi Pengawas BPK RI Berantas Korupsi di Indonesia

Rabu, 15 September 2021 | 06:45 WIB

ICW Laporkan Pimpinan KPK Lili Pintauli

Kamis, 9 September 2021 | 05:30 WIB

Jaksa Banding atas Putusan Terdakwa Mantan Kadis CKTR

Minggu, 5 September 2021 | 15:12 WIB

Memori Banding Yan Prana Telah Dilimpahkan 

Selasa, 31 Agustus 2021 | 17:22 WIB

Terpopuler

X