Parkir Indomaret dan Alfamart Bayar, Pengamat: Jangan Beratkan Masyarakat!

- Selasa, 14 September 2021 | 19:30 WIB
Pengamat Kebijakan Publik UIN Suska, Elfiandri
Pengamat Kebijakan Publik UIN Suska, Elfiandri

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Pengamat Kebijakan Publik UIN Suska Riau, Elfiandri mengomentari terkait parkir pada dua ritel ternama, Indomaret dan Alfamart yang biasanya gratis kini dipungut biaya.

"Harus punya landasan lah. Apa alasana hukumnya. Kita kan punya perda tentang perparkiran. Apakah ini sudah dibicarakan oleh pihak-pihak terkait. Jangan sampai kebijakan itu terlalu memberatkan masyarakat," ujarnya kepada Haluan Riau, Selasa (14/9/2021).

Diketahui, pengelola layanan parkir di Kota Pekanbaru saat ini dipegang oleh PT Yabisa Sukses Mandiri (YSM) sebagai pihak ketiga.

Dijelaskan El, bukan hanya persoalan biaya parkir, namun legalitas terhadap peraturan ini. Menurutnya kebijakan ini mesti ada persetujuan dari pihak Indomaret dan Alfamart terlebih dahulu.

"Masalah biaya parkir dan membebankan konsumen mungkin beda-beda, tapi legalitasnya. Apakah pihak Indomaret dan Alfamart menyetujui itu. Karena ini kan di halaman rumah mereka lah istilahnya," ucapnya.

Sementara itu hal senada juga diungkapkan warga Pekanbaru, Fitri. Baginya para pemangku kebijakan tidak melibatkan masyarakat. Padahal, di masa pandemi seperti ini harusnya ada kelonggaran.

"Agak kaget ya, waktu itu rencana mau beli sesuatu tapi kebetulan kosong barangnya. Pas keluar malah harus bayar parkir. Dinas perhubungan dan dewan-dewan wakil rakyat itu apakah hal ini tidak ada pertimbangan dulu untuk masyarakat?" ujarnya.

"Bingung juga. Di pemberitaan katanya tidak ada koordinasi dengan DPRD. Lalu pihak Indomaret dan Alfamart mengaku keberatan karena sebelumnya sudah membayar pajak. Berarti ini kan main-main sepihak. Harus jelas dong permasalahannya, biar kami selaku masyarakat ini paham," tutupnya.

Reporter: Haslinda Burhan

Editor: M. Ihsan Yurin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tak Merasa Pinjam tapi Ditagih Pinjol? Lakukan 5 Hal Ini

Jumat, 17 September 2021 | 18:10 WIB

Hoax Pemerintah Tak Tanggung Biaya Pasien Covid-19 Lagi

Jumat, 17 September 2021 | 17:20 WIB

Rumah Dinas Kadivpas Kemenkumham Riau Dimolotov OTK

Kamis, 16 September 2021 | 17:15 WIB

3 Kru Pesawat Rimbun Air Ditemukan Tewas

Kamis, 16 September 2021 | 09:07 WIB

Prakerja Buka Lagi, Sudah Gelombang 18-19

Jumat, 27 Agustus 2021 | 16:36 WIB

Terpopuler

X